Perkembangan Motorik Balita Obesitas Usia 3-5 Tahun

Authors

  • Sri Mugianti Poltekkes Kemenkes Malang
  • Triana Setijaningsih Poltekkes Kemenkes Malang
  • Karina Fransiska Poltekkes Kemenkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.26699/jnk.v5i1.ART.p046-052

Keywords:

Perkembangan Motorik, Balita Obesitas

Abstract

Perkembangan motorik balita adalah proses tumbuh kembangnya kemampuan gerak seorang anak. Setiap gerakan yang dilakukan anak merupakan hasil pola interaksi yang komplek dari berbagai bagian dan sistem dalam tubuh yang dikontrol dalam otak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran perkembangan motorik kasar dan motorik halus pada balita obesitas usia 3-5 tahun di wilayah UPTD Kesehatan Kecamatan Sukorejo. Metode yang digunakan adalah rancangan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua balita usia 3-5 tahun dengan BB/TB >3 SD di wilayah UPTD Kesehatan Kecamatan Sukorejo sebanyak 35 responden, menggunakan teknik Total Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi menggunakan KPSP. Hasil penelitian ini diketahui 74,3% responden menunjukkan perkembangan motorik kasar sesuai umur dan 25,7% responden menunjukkan terjadi penyimpangan, kemudian 77,1% responden menunjukkan perkembangan motorik halus sesuai umur dan 22,9% responden menunjukkan terjadi penyimpangan. Penyimpangan pada perkembangan motorik dipengaruhi oleh kurangnya stimulasi, sehingga institusi kesehatan diharapkan mengajarkan orang tua untuk melatih stimulasi perkembangan balita obesitas di rumah.

References

Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Kluge,C.R., Michael,K., dan Werner, K., 2013. Frequency and Relevance of Psychoeducation in Psychiatric Diagnoses: Result of Two Survey Five Years Apart in German-Speakig European Countris. BMC Psychiatri 13 (170).

Marilyn M. Friedman., Bowden, V.R., dan Jones. 2010. Buku Ajar Keperawatan Keluarga Riset Teori dan Praktik. EGC. Jakarta.

Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Kepera- watan Pendekatan Praktis. Salemba Medika. Jakarta.

Orem, D.E. 2001. Nursing Concept of Practiced. St. Louis: the CV Mosby Company.

Rahmawati, D. 2012. Pengaruh Psikoedukasi Terhadap Kecemasan Dan Koping Orang Tua Dalam Merawat Anak Dengan Talasemia Mayor Di RSU Kabupaten Tangerang Banten. Tesis. Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia. Jakarta.

Rani, S., Rajagopal, N., dan Ankur, B. 2013. Effectiveness of Group Pychoeducation on Well-Being and Depression Among Breast Cancer Survivors of Malaka- Malasya. Indian Journal of Palliative Care Jan – April Vol 19.

Sharif,F,. Maryam, S., and Arash, M. 2013. Effect of Psych o-Education al In ter vention For Family Member on Caregiver Burdens and Psychiatric Symptom in Patien With Schizophrenia in Shiraz Iran. BMC Psychiatry 12:48.

Struart, G.W., dan Laraia, M.T. 2005. The Principle And Practice of Psychiatric Nursing. Edisi 8. Elsevier Mosby, st Louis. Missouri.

Supratiknya, A. 2011. Merancang Program dan Modul Psikoedukasi. Universitas Sanata Darma. Yogya- karta.

Supriyanto,S., Djohan, A. 2011. Metodologi Riset Bisnis Dan Kesehatan. PT Grafika Wangi Kalimantan. Kalimantan.

Tommey, A.M,. dan Alligood, M.R. 2006. Nursing Theory and Their Work. Missouri. Mosby.

Wong, D. L., Marilyn, H.E., David, W., Marilyn, L W., dan Patricia, S. 2009. Buku Ajar Keperawaan Pediatrik. Volume 1. EGC. Jakarta

Downloads

Published

01-04-2018

How to Cite

Mugianti, S., Setijaningsih, T., & Fransiska, K. (2018). Perkembangan Motorik Balita Obesitas Usia 3-5 Tahun. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 5(1), 046–052. https://doi.org/10.26699/jnk.v5i1.ART.p046-052

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>