Pelaksanaan Stimulasi Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak Usia 0-3 Tahun dalam Keluarga di Posyandu Seruni Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar

Authors

  • Triana Setijaningsih Poltekkes Kemenkes Malang
  • Winda Noviana Poltekkes Kemenkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.26699/jnk.v4i2.ART.p160-167

Keywords:

Pelaksanaan, Stimulasi Perkembangan Bahasa dan Bicara, Keluarga

Abstract

Stimulasi merupakan kegiatan merangsang kemampuan dasar anak agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal khusunya dalam perkembangan bahasa dan bicara karena merupakan indikator dari seluruh perkembangan anak. Tujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan stimulasi perkembangan bahasa dan bicara anak dalam keluarga. Metode penelitian deskriptif. Sebagai Populasi keluarga yang mempunyai anak usia 0-3 tahun terdaftar di posyandu Seruni Kelurahan Bendogerit Kota Blitar berjumlah 35 keluarga, sampelnya adalah salah satu orang tua (ayah atau ibu) yang dominan dalam mengasuh anak setiap hari sebanyak 35 dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan stimulasi perkembangan bahasa dan bicara dalam keluarga 20% pelaksanaan tepat dipengaruhi oleh ibu yang dominan dalam mengasuh anak, 57,1% pelaksanaan cukup tepat karena semua keluarga memiliki APE dan 22,9% pelaksanaan kurang tepat karena faktor informasi yang kurang. Rekomendasi untuk Dinas kesehatan memberikan pelatihan pada kader Posyandu tentang stimulasi dan Deteksi dini Tumbuh Kembang Anak, yang akan diterapkan  pada balita saat posyandu dengan melibatkan orang tua Balita agar bisa memberikan stimulasi pada anak balitanya dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

References

Andarmoyo, S. 2012. Konsep Teori, Proses Dan Praktik Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hurlock, E. B. 1995. Perkembangan Anak Jilid I, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Gunarsa, S. D. 2008. Psikologi Praktis: Anak, Remaja Dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Kementrian Kesehatan RI. 2012. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Notoatmojo, S. 2007. Kesehatan Masyarakat: Ilmu Dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmojo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta:

Rineka Cipta.

Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan:Pendidikan Praktis Ed 3. Jakarta: Salemba Medika.

Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak, Jilid I, Edisi Sebelas. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung:ALFABETA.

Sutomo, A. H. 2011. Teknik Menyusun KTI Skripsi Tesis Tulisan Dalam Jurnal Bidang Kebidanan, Keperawatan Kesehatan. Yogyakarta:Fitaramaya.

Downloads

Published

16-10-2017

How to Cite

Setijaningsih, T., & Noviana, W. (2017). Pelaksanaan Stimulasi Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak Usia 0-3 Tahun dalam Keluarga di Posyandu Seruni Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 4(2), 160–167. https://doi.org/10.26699/jnk.v4i2.ART.p160-167

Issue

Section

Article