Upaya Orang Tua dalam Pencegahan Cedera Anak Balita di Rumah

Authors

  • Agus Khoirul Anam Poltekkes Kemenkes Malang
  • Arif Mulyadi Poltekkes Kemenkes Malang
  • Devi Widyawati Sagar Poltekkes Kemenkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.26699/jnk.v4i1.ART.p012-016

Keywords:

Upaya, Orang Tua, Cedera, Anak

Abstract

Cedera adalah penyebab kematian yang paling sering pada anak-anak. Banyak anak yang masuk rumah sakit, menderita cacat yang serius, atau meninggal karena cedera. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui upaya orang tua dalam pencegahan cedera anak balita di rumah. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam peneliti adalah orang tua yang memiliki anak usia dibawah 5 tahun yang datang ke Posyandu Asparaga Bendogerit Sananwetan. Jumlah sampel sebanyak 43 orang tua diambil dengan teknik quota sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang dibuat oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan secara umum upaya orang tua cukup yaitu sebesar 55,8% orang tua. Dalam penelitian ini masih ada pencegahan cedera yang kurang yaitu menyikat lantai kamar mandi agar tidak licin, menghindari penggunaan taplak meja, tidak meninggalkan anak di kamar mandi sendirian dan menjauhkan perabot yang bersudut runcing. Petugas kesehatan perlu memberikan pendidikan kesehatan tentang upaya pencegahan cedera anak balita di rumah.

References

Departemen Kesehatan RI Politeknik Kesehatan Malang Jurusan Keperawatan. 2008. Buku Panduan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa D-III Kepera- watan Jurusan Keperawatan Politeknik Kese- hatan Dep. Kes. Malang. Malang: Departemen Kesehatan RI Politeknik Kesehatan Malang Jurusan Keperawatan.

Jelliefe, D. 1994. Kesehatan Anak di Daerah Tropis. Jakarta: Bumi Aksara.

Mike. 2000. P3K untuk Orang Tua. Jakarta: Arcan.

Mubarak, H. 2007. Library of Congress Cataloging in Publication Data. New York. Infobase Pub- lishing.

Notoadmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoadmodjo, S. 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Alikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusli, A. R., dkk. 2011. Perbedaan Depresi Pasca Melahirkan pada Ibu Primipara Ditinjau dari Usia Ibu Hamil. Surabaya:Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah.

Sutriani. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Downloads

Published

01-04-2017

How to Cite

Anam, A. K., Mulyadi, A., & Sagar, D. W. (2017). Upaya Orang Tua dalam Pencegahan Cedera Anak Balita di Rumah. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 4(1), 012–016. https://doi.org/10.26699/jnk.v4i1.ART.p012-016

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)