Pengaruh Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK) terhadap Soft Skill Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.26699/jnk.v7i2.ART.p276-284Keywords:
The Personality Development and Leadership Program, Soft Skill, StudentAbstract
Latar Belakang : Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK) merupakan program pembentukan karakter yang bertujuan mengembangkan keterampilan soft skill mahasiswa. Sampai saat ini, evaluasi ketercapaian tujuan program masih belum diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh P2KK terhadap soft skill mahasiswa FIKES Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental one group pre-post test design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling kuota. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 mahasiswa FIKES Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2018 yang mengikuti P2KK angkatan 24 dan 25. Pengumpulan data menggunakan kuesioner LEQ (Life Effectiveness Questionnaire) dengan analisa data menggunakan uji wilcoxon.Kegiatan P2KK dilaksanakan selama 6 hari dan selama kegiatan tersebut mahasiswa harus tinggal di asrama. Hasil : Soft skill mahasiswa FIKES Universitas Muhammadiyah Malang sebelum mengikuti P2KK 72% memiliki kategori sedang dengan nilai rata-rata 140 dan soft skill setelah P2KK 76% memiliki kategori sedang dengan nilai rata-rata 15. Berdasarkan hasil analisa data menggunakan uji wilcoxon didapatkan hasil yang signifikan (p=0,00), artinya terdapat perbedaan soft skill sebelum dan setelah P2KK. Diskusi : Terdapat pengaruh P2KK terhadap soft skill mahasiswa FIKES Universitas Muhammadiyah Malang dengan metode pendekatan experiental learning yang dapat meningkatkan soft skill. Pengaruh yang paling signifikan terdapat pada atribut mengontrol emosi. Disarankan pihak UPT. P2KK untuk mengevaluasi metode kegiatan sehingga dapat meningkatkan atribut soft skill yang kurang.
Â
Introduction : The Personality Development and Leadership Program (P2KK) is a character-building program to develop student skills to prepare them in the work requirements. The evaluation of the achievement of program objectives has not been studied before. This study aimed to determine the effect of P2KK on soft skills of the Faculty of Health Science (FIKES) students at the University of Muhammadiyah Malang (UMM). Methods : The research design was a pre-experimental one group pre-post test design. The sampling method was quota sampling technique. We included 100 students of Class 2018 of the FIKES UMMwho participated in P2KK in 24 and 25 groups. We collected the Life Effectiveness Questionnaire (LEQ) and the Wilcoxon test was used to analyze the data. Results : Soft skills of the students before taking P2KK 72% had a moderate category with an average value of 140 and soft skills after P2KK 76% had a moderate category with an average value of 15. Based on the results of data analysis using the Wilcoxon test, the result was significant (p = 0.00) indicating that the soft skills before and after P2KK were different. Discussion : P2KK influenced the soft skills of FIKES UMM students by an experiential learning approach that able to improve their soft skills. The most significant influence is on the emotional control attribute. Suggested that the UPT P2KK to evaluate the method of activities so as to increase the attributes of soft skills that are lacking.
References
Aly, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Karakter Berbasis Soft Skill Di Perguruan Tinggi. Ishraqi, 1(1), 40–51.
Arnata, I. W., & Surjoseputro, S. (2014). Evaluasi Soft Skills dalam Pembelajaran Mahasiswa Baru di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 21(1), 1–9.
Cansoy, R. (2017). The Effectiveness Of Leadership Skills Development Program For University The Effectiveness Of Leadership Skills Development Program For University Students. History Culture And Art Research, 6(3), 65–87. Https://Doi.Org/10.7596/Taksad.V6i3.899
Chairilsyah, D. (2012). Pembentukan Kepribadian Positif Anak Sejak Usia Dini. Educhild, 1(1), 1–7.
Cunha, I. F. X. Da. (2016). The Efficacy Of 1-Day Soft Skills Training On Master Students ’ Performance.
Hartiti, T., & Ernawati. (2016). Gambaran Softskill Mahasiswa Sarjana Perawat Di FIKKES Universtas Muhammadiyah Semarang. RAKERNAS AIPKEMA 2016 “Temu Ilmiah Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakatâ€.
Haryati, S. (2015). Upaya Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Seminar Ilmiah Semesteran Korpri Sub Unit Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, 1(2), 66–75. Retrieved from http://lib.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/upaya-peningkatan-soft-skill-mhs-PT.pdf.
Hidayati, U., Susena, Mardinawati, & Noor, A. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan Soft Skill (Soft Competency) Mahasiswa Jurusan Akuntansi Polines. Prosiding Sentrinov, 001, 2477–2097. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30630.32324.
Hidayah, N. (2011). Kesiapan Psikologis Masyarakat Pedesaan Dan Perkotaan Menghadapi Diversifikasi Pangan Pokok. Humanitas, VIII(1), 88–104.
Hirsch, R. G. A. (2017). Gender Differences In The Performance Of Black High School Students On Job Interviews. Thesis, 1–42.
Hudha, A. M., Shohib, M., Widodo, J., Masmuh, A., Sarif, M., Yuniardi, M. S., Fathoni. (2015). Membentuk Pribadi dan Pemimpin Unggul Membangun Peradaban Utama.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2010-2014, 1–6. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Neill, J. (2007). Life Effectiveness Questionnaire: A Research Tool for Measuring Personal Change. Retrieved November 11, 2018, from http://wilderdom.com/leq.html
Nurmaulidya, E. (2013). Kegiatan Ekstra Kurikuler Dan Pembentukan Soft Skill Peserta Didik di SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Tesis, 0–11.
Pradana, M. D. (2018). Perbedaan Soft Skill Mahasiswa D3 keperawatan dengan mahasiswa S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang.
Rasmita, F., Elfindri, Wello, M. B., & Rumengan, J. (2009). Pintar Soft Skills Membentuk Pribadi Unggul. (J. F. Rezky, Ed.). Bandouse Media.
Ravindran, K., & Bandara. (2015). Factors Affecting Acquisition Of Soft Skills And The Level Of Soft Skills Among University Undergraduates (With Special Reference To Management Students Of Rajarata University Of Sri Lanka ). International Research Symposium Rajarata University Of Sri Lanka, 538–545.
Rismanto, H., & Munir, M. (2013). Pengembangan Soft Skill Siswa Melalui Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. http ://eprints.uny.ac.id/eprint/10451
Rongraung, S., Somprach, K., Khanthap, J., & Sitthisomjin, J. (2014). Soft Skills for Private basic Education Schools in Thailand. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 112, 956–961. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1254
Setiani, F., & Rasto. (2016). Mengembangkan Soft Skill Siswa Melalui Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 170–176.
Suranto, & Rusdianti, F. (2018). Pengalaman Berorganisasi Dalam Membentuk SOFT SKILL MAHASISWA. Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 28(1), 58–65.
Zammi, M., & Khoiriyyah, K. (2018). Analisis Kemampuan Soft Skills Siswa Kelas XI SMK Futuhiyyah Mranggen Demak, 08(2), 41–51.