Integrated Worksheets sebagai Media Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi Keperawatan Dasar pada Mahasiswa Profesi Ners
DOI:
https://doi.org/10.26699/jnk.v5i3.ART.p263-267Keywords:
Profesi Ners, Keperawatan Dasar, Worksheet, Classroom Action ResearchAbstract
Salah satu metode pembelajaran dalam praktik profesi ners departemen keperawatan dasar profesi (KDP) adalah pre dan post conference, dimana mahasiswa harus membuat laporan pendahuluan (LP) dan menguasai materi tersebut. Permasalahan yang terjadi dan dikeluhkan oleh pembimbing adalah mahasiswa hanya sekedar menulis laporan tanpa memahami isinya sehingga saat bimbingan kemampuan kognitif mereka kurang. Oleh karena itu, peneliti membuat inovasi membuat Worksheets sebagai media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi keperawatan dasar pada mahasiswa profesi ners. Metode : Jenis penelitian adalah penelitian tindak kelas atau CAR (classroom action research). terdiri dari 4 tahapan yaitu : 1). Perencanaan, dilakukan penyusunan worksheet. 2) Pelaksanaan, yaitu penerapan worksheet, 3). Pengamatan, mengamati hasil penerapan worksheet terhadap kemampuan mahasiswa 4). Refleksi, merefleksi diri berdasarkan hasil observasi dan diskusi. Penelitian dilakukan pada mahasiswa praktik profesi Ners sejumlah 37 mahasiswa pada bulan Maret - Oktober 2018. Hasil : Mayoritas mahasiswa setuju dengan penggunaan worksheet, dan prosentase hasil kelulusan ujian final exam sebesar 84%. Diskusi : Worksheet membuat mahasiswa lebih mudah memahami materi keperawatan dasar, karena mahasiswa harus mengerjakan soal-soal sehingga membuat pemahaman mereka lebih baik. Penerapan worksheet perlu dicoba diterapkan pada mata kuliah lain, serta perlu dicoba model atau metode pembelajaran yang lain dalam praktik profesi ners, sehingga kompetensi mahasiswa meningkat.References
Aini, N. (2018). Teori Model Keperawatan Beserta Aplikasinya Dalam Keperawatan. Malang: UMM Press.
AIPNI. (2016). Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia. Jakarta.
Effendi, M. (2013). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2). Retrieved from http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/563
Hasibuan, W. F. (2016). Problematika Teacher-Centre Learning : Studi Terhadap Institusi Pendidikan di Indonesia. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/291832129
Priyatmojo, A. (2016). Student Centered Learning (SCL) dan Student Teacher Aesthethic Role-Sharing (STAR).
Triyono, T., & Dharma, U. W. (2018). Penelitian Tindakan Kelas : Apa dan Bagaimana Melaksanakannya, (March). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.26385.12649