Implementasi Kegiatan Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya dalam Upaya Pencegahan Triad KRR di Pusat Informasi dan Konseling Remaja

Authors

  • Dian Permatasari Prodi Kebidanan, Universita Wiraraja Sumenep
  • Emdat Suprayitno Prodi Profesi Ners, Universitas Wiraraja Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.26699/jnk.v7i1.ART.p143-150

Keywords:

PIK Remaja, Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya, TRIAD KRR, Lawrence Green

Abstract

Introduction : Perilaku remaja banyak yang berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Dalam kondisi semacam ini  remaja membutuhkan informasi mengenai kesehatan reproduksi, aktifitas yang bermanfaat dan menjadi kreatif. PIK Remaja BPMP & KB Kabupaten Sumenep merupakan tempat remaja mendapatkan informasi yang benar, tepat dan objektif tentang TRIAD KRR dengan informasi yang positif dan tempat peningkatan life skill yang bermanfaat bagi kehidupannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan pelaksanaan kegiatan Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya dalam upaya pencegahan TRIAD KRR di PIK Remaja dan faktor penyebab serta pendukungnya. Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang prosesnya dimulai dari pengumpulan data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Subjek utama penelitian ini adalah Lima orang Pendidik Sebaya dan Lima orang Konselor Sebaya yang dipilih secara purposive sampling. Dengan pengumpulan data subjek utama dengan indepth interview  Subjek triangulasi adalah sepuluh teman dekat subjek utama dengan teknik Focus Group Discussion, Ketua dan Pembina PIK Remaja BPMP & KB Kabupaten Sumenep dengan indepth interview. Teori perilaku dari Lawrence Green digunakan sebagai kerangka konsep dalam penelitian dengan analisis data secara induktif. Hasil : Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya dalam upaya pencegahan TRIAD KRR sudah baik. Hal ini terjadi karena pengetahuan, persepsi, motivasi, pemberian materi, pengaruh teman dekat, dukungan keluarga dan supervisi Pembina yang baik.

 

Adolescent behavior has changed much in line with technological developments. Under these conditions young people need information about reproductive health, activities that are beneficial and be creative. CICA RISMA is where adolescents get the right information, accurate and objective information about TRIAD ARH with a positive and a life skill enhancement for the benefit of life. The purpose of this study is to describe the implementation of Peer Educators and Peer Counsellors in the prevention TRIAD ARH in CICA RISMA as well as supporting factors. This study uses a descriptive qualitative approach of data collection process began and ended with inferences. The main subject of this study is Five Peer Educators and Peer Counsellors Five persons selected by purposive sampling. With the main subject of data collection by indepth interview . Triangulation subject is a close friend of ten major subject with Focus Group Discussion techniques, the Leader and Supervisor CICA with indepth interview with. Behavioral theory of Lawrence Green is used as a conceptual framework in research with inductive data analysis. The results of this study can be concluded that the implementation of Peer Educators and Peer Counsellors in the prevention TRIAD ARH is good. This happens because the knowledge, perception, motivation, provision of materials, the influence of a close friend, family support and supervision of a good coach.

References

Ahmadi (1999). H.A. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Al-Mighwar, M. (2006). Psikologi Remaja. Bandung: CV Pustaka Setia.

BKKBN. (2007). Kurikulum Dan Modul Pelatihan Pemberian Informasi Kesehatan Reproduksi Remaja Oleh Peer Educator. Jakarta: Direktorat Remaja Dan Perlindungan Hak-Hak Reproduksi.

BKKBN. (2008) Modul Pelatihan Konseling: Kesehatan Reproduksi Remaja bagi Calon Konselor Sebaya. Jakarta: BKKBN. 2008.

Efendi, Ferry & Makhfud. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Junandi Harahap, Lita Sri. Pengaruh Peer Education terhadap Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa dalam Menanggulangi HIV/AIDS di Universitas Sumatera Utara. 2004 (online). Diunduh dari http://repository .usu.ac.id/bitstream /123456789/3714/1/fkm_juliandi.pdf. Diakses tanggal 20 Juni 2018.

Kementerian Kesehatan (2011). Laporan Kasus Penyalahgunaan NAPZA dan Penderita HIV AIDS Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Muadz, Masri M., dkk (2009). Panduan Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja). Jakarta: Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional.

Munawar. (2005), Pemodelan Visual dengan UML, Graha Ilmu, Yogyakarta, 17-100

Muslim, Imam (2011). Profil PIK Remaja RISMA-JT Ajang Kreatif Produktif. Semarang: PIKKRR RISMA-JT.

Rahayu & Verawaty (2011). Merawat dan Menjaga Kesehatan Seksual Pria. Bandung: Grafindo Media Pratama

Rosandi, Andi (2011). Pengaruh Peer Education Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa dalam Menanggulangi HIV/ AIDS.

Sarwono, Sarlito Wirawan (1994). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Subejo, 2010. Penyuluhan Pertanian Terjemahan dari Agriculture. Edisi Dua. Bumi Aksara, Jakarta.

Syaefuddin, dkk (2010). Panduan Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK Mahasiswa). Jakarta: Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional.

Tukiran (2010). Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widyantoro, Ninuk, dkk (2002). Panduan Operasional Peer Educator. Jakarta: BKKBN.

Suharto, S., Gurning, F. P., Pratama, M. Y., & Suprayitno, E. (2020). Implementasi Kebijakan Penanggulangan HIV/AIDS di Puskesmas Teladan. Jurnal Riset Hesti Medan Akper Kesdam I/BB Medan, 4(2), 131-136.

Pratiwi, I. G. D., Suprayitno, E., & Kristanti, A. N. (2018). GAMBARAN MINAT IBU DALAM MEMILIH KB IMPLAN DI DESA KARANG NANGKA KECAMATAN RUBARU KABUPATEN SUMENEP. Journal Of Health Science (Jurnal Ilmu Kesehatan), 3(2), 85-90

Indriyani, R., & Suprayitno, E. (2017). Hubungan Postpartum Blues Dengan Keputusan Menggunakan KB Pasca Nifas Di UPT Puskesmas Lenteng. Journal Of Health Science (Jurnal Ilmu Kesehatan), 2(2), 70-75.

Downloads

Published

05-04-2020

How to Cite

Permatasari, D., & Suprayitno, E. (2020). Implementasi Kegiatan Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya dalam Upaya Pencegahan Triad KRR di Pusat Informasi dan Konseling Remaja. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 7(1), 143–150. https://doi.org/10.26699/jnk.v7i1.ART.p143-150

Issue

Section

Article