Pendidikan Kesehatan tentang Perkembangan Psikososial sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Fisik dan Verbal pada Anak Usia Sekolah di Kota Kendal

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26699/jnk.v5i2.ART.p097-104

Keywords:

Pendidikan Kesehatan tentang Perkembangan Psikososial, Kekerasan Fisik dan Verbal, Anak Usia Sekolah

Abstract

Perkembangan psikososial anak dipengaruhi lingkungan keluarga termasuk peran orang tua dalam mengasuh anak, sehingga orang tua harus mendidik anak secara baik agar anak berkembang optimal mencapai tugas perkembangan, tetapi fenomena saat ini ada orang tua mendidik anak menggunakan kekerasan fisik dan verbal. Dampak kekerasan pada anak yaitu gangguan perkembangan psikososial. Tindakan yang dapat dilakukan yaitu memberikan pendidikan kesehatan tentang perkembangan psikososial anak usia sekolah yang normal dan yang menyimpang. Penelitian ini bertujuan untuk pengidentifikasi pengaruh pendidikan kesehatan tentang perkembangan psikososial terhadap kekerasan fisik dan verbal pada anak usia sekolah di Kota Kendal.Desain penelitiannya menggunakan pre and post test without control group. Sampel penelitian ini sebanyak 1320 anak usia sekolah yang menduduki kelas 4, 5, dan 6 di 20 SD Negeri di Kota Kendal yang dipilih dengan cara purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji Chisquare. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang perkembangan psikososial anak usia sekolah dengan kekerasan verbal dan fisik. Disarankan kepada orang tua untukmendisiplinkan anak di lingkungan keluarga, diperlukan pemahaman dan pengetahuanorang tua dalam mendidik anak, tanpa melakukan kekerasan verbal dan fisik agar perkembangan psikososial anak sesuai tugas perkembangan.

References

Afidatunisak, PH. Livana, Hermanto. 2017. Hubungan kekerasan verbal dan fisik orang tua dengan perkembangan psikososial usiasekolah di SDN Pagerdawung Kecamatan Ringinarum. Skripsi. STIKES Kendal. Tidak dipublikasikan.

Astuti, W. 2014.Hubungan tingkat verbal abuse orang tua terhadap perkembangan kognitif anak usia pra sekolahdi tk atma bakti Desa Pringapus Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. http://perpusnwu.web.id/karyailmiah/documents/3841.pdf

Bagong, S. 2013. Masalah sosial anak. Jakarta: Prenada Media Group.

Budiman, N. 2008. Memahami Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta: Dediknas.

Dyah, A. 2016. Anak di Kendal jadi Korban Kekerasan. h ttp://r egion al.kompas.com/r ead/2016/05/18/17535991/27.anak.di.kendal.jadi.korban.kekerasan

Evans, Simon. 2012 Virtual Selves, Real Relationships: An Exploration of the Context and Role for Social Interactions in the Emergence of Self in Virtual Enviroments. 46. p. 512-528.

Federika, A. 2009. Fundamental keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Gudang Kesehatan. 2016. Dampak Fatal Yang Diderita Oleh Korban Kekerasan Anak . www.gudan g kesehatan.com. Jakarta. Diakses pada tanggal 1 Maret 2017.

Hetherington. 2006. Child Psychology. A Contemporary Viewpoint. International edition New York: McGraw Hils Companies.

Hidayat, A. A. 2011. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika.

Huda, Nurul. 2008. Kekerasan Terhadap Anak Dan M as a l ah So s ia l Ya n g K ro n i s. Un i ver s it a s Pekalongan. http://journal.unikal.ac.id/index.php/ hukum/article/view/176

Istiana, Keliat, B.A, Nuraini. 2010. Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik Anak Usia Sekolah pada Anak-Orang Tua Dan Anak-Guru terhadap Per- kembangan Mental Anak Usia Sekolah. Surabaya: Universitas Aerlangga. Jurnal Ners Volume 6 No 1 April 2011.. http://e-journal. unair.ac.id/index.php/ JNERS/article/view/3971

KPAI. 2015. jen is kekerasan anak. http://health . liputan6.com/read/2252930/14-jenis-kekerasan- anak- dari-keluarga

KPAI.2 015. Jeni s keker asan a nak .h tt p://h ea lth . liputan6.com/read/2252930/14-jenis-kekerasan- anak- dari-keluarga.

Lestari, Titik. 2015. Kumpulan teori untuk kajian pusta- ka penelitian kesehatan.Yogyakarta: Nuha Medika. Maulana, M. 2007. Mendidik anak autis dan gangguan mental lainnya menuju anak cerdas dan sehat. Yogyakarta: Katahati.

PKBI.2016. Nyala 1000 lilin untuk para korban.Jawa Tengah _ PKBI.htm.Diakses tanggal 11 Oktober 2016.

Pribudiarta. 2016. Korban Kekerasan Anak Laki-Laki Lebih Banyak Ketimbang Perempuan. Repu- blika.com. Diakses Pada Tanggal 1 Maret 2018.

Putrawan, Umi, Zumrotul. 2016. Hubungan verbal abuse dengan perkembangan emosi anak usia sekolah kelas 3-5 di SDN Genuk 01 Ungaran Kabupaten Semarang. http://perpusnwu.web.id/karyailmiah/ documents/4763.pdf

Radja, Kaunang & Dundu.2016. Gambaran Kekerasan pada Anak Sekolah Dasar di Kecamatan Mala- layang Kota Manado.https://ejournal. unsrat.ac.id/ index.php/eclinic/article/view/14598

Rahmawati, Nurul. 2006. Faktor-Faktor Yang Mem- pengaruhi Orang Tua Melakukan Verbal Abuse pada Anaknya di Kelurahan Bulusan Kecamatan Tem b a la n g K a b up a t en S em a r an g . h t t p: / / eprints.umpo.ac.id/2232/2/2.pdf

Rakhmat, Jallaludin. 2007. SQ for Kids: Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Sejak Dini. Bandung : PT Mizan Pustaka.

Sani, Amri. 2013. Tingkat Kesegaran Jasmanni Anak Usia 6-9 Tahun di SD Negeri Ngipik Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung. Skr ipsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Santos, et al 2009. Maternal antropometry and feeding behaviour toward preschool children: association with chilhood body mass index in an observational study of chilean families. International journal of behavioral nutrition and physicalactivity, 6:93.

Sumanto. 2014. Fungsi dan teori. Psikologi perkem- bangan. Yogyakarta: jl. Cempaka Putih No.8

Sumarno.2013. Psikologi perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumarno.2013. Psikologi perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sunarto, Keliat, B.A., Pujasari.2011. Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik Anak Sekolah Pada Anak, Orangtua, Guru Terhadap Perkembangan Mental Anak di Kelurahan Pancoranmas dan Depok Jaya. Surabaya: Universitas Aerlangga. Jurnal Ners Volume 6 No 1 April 2011. http://e-journal.unair.ac.id/ index.php/JNERS/article/view/2683.

Suyanto, B. 2010. Masalah sosial anak. Jakarta: Prenada Media Group.

Suyanto, Dr. Bagong. 2013. Sosiologi Ekonomi, Kapi- talisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post- Modernisme. Surabaya: Prenada Media Groupa Cipta.

Thoman, P. 2016. Orang Tua Indonesia Masih Didik Anak Dengan Kekerasan. Republika.com. Jakarta. Diakses pada tanggal 1 Maret 2018.

UNICEF. 2007. Progress For Children: A World Fit for C h i ld r en . N ew Yor k: UNI CE F Di vi si on of Communication.

Walter, Keliat., B.A, Hastono, S.P. 2010. Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik terhadap Perkembangan Industri Anak Usia Sekolah di Panti Sosial Asuhan Ana k Kota Bandu ng. h ttp:/ /ejou r n al .stik es- ppni.ac.id/in dex.php/keper awatan-bina-sehat/ article/view/334/334.

Wong. 2009. Buku Ajar Keperawatan pediatrik. Jakarta: EGC.

Yulita, Refi. 2014. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Balita Di Posyandu Sakura Ciputat Timur. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Yusima, Afrina. 2016. Pengetahuan Orang Tua Tentang Kekerasan Verbal Pada Anak Prasekolah di Gampong Lampeudaya Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Universitas Syiah Kuala.

Downloads

Published

27-08-2018

How to Cite

PH, L., & Anggraeni, R. (2018). Pendidikan Kesehatan tentang Perkembangan Psikososial sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Fisik dan Verbal pada Anak Usia Sekolah di Kota Kendal. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 5(2), 097–104. https://doi.org/10.26699/jnk.v5i2.ART.p097-104

Issue

Section

Article