Perilaku Orang Tua dalam Pencegahan Obesitas Anak Pra Sekolah Berbasis Theory of Planned Behaviour (TPB)

Authors

  • Wiwit Dwi Nurbadriyah STIKes Kepanjen

DOI:

https://doi.org/10.26699/jnk.v5i1.ART.p008-014

Keywords:

Perilaku Pencegahan, Obesitas Anak, Theory of Planned Behavior

Abstract

Obesitas anak merupakan masalah yang perlu diwaspadai karena angka kejadian cenderung meningkat. Obesitas mempunyai dampak terhadap tumbuh kembang anak dalam aspek fisik dan psikososial serta berisiko tinggi menjadi obesitas pada masa dewasa dan berpotensi mengalami berbagai penyebab kesakitan dan kematian. Sulitnya tatalaksanan obesitas menyebabkan pencegahan menjadi prioritas utama dengan pendekatan keluarga dalam menjaga pola makan dan aktivitas yang sehat. Orang tua terutama Ibu memegang peranan penting terhadap pemenuhan gizi keluarga karena ibu bertanggung jawab di rumah termasuk apa yang dimakan oleh anak. Perilaku terencana dalam pencegahan obesitas dapat diidentifikasi dengan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Rancangan penelitian deskriptif eksploratif dengan sampel 25 responden yaitu ibu dari anak prasekolah di TK Wonokerso Pakisaji Malang melalui teknik sampling purposive. Pengumpulan data menggunakan instrumen. Data yang diambil yaitu demografi dan data khusus yaitu sikap, norma subyektif, perceived behavior control (PBC), intensi. Sikap Keyakinan orangtua dalam pencegahan obesitas Anak 64% baik. Subyektive Norms Persepsi dukungan sosial yang dirasakan 52% baik, persepsi terhadap pengendalian (PBC) yaitu keyakinan mudah atau sulit tentang pencegahan obesitas 68% baik, Intensi Keinginan/ niat orangtua 52% baik. Tenaga kesehatan diharapkan melakukan pendidikan kesehatan dengan topik pencegahan obesitas pada anak, kebiasaan makan, jenis bahan makan yang biasa dikonsumsi, frekuensi makan, porsi makan, asupan makan, pantangan makan, riwayat aktivitas fisik.

References

Ajzen, Albarracin, & Hornik. 2010. Prediction and Chan ge of He alth Beh avior. A ppliying The Reasoned Action research. New Jersey: LEA Publisher.

Amer ican Hear t As sociation - Amer ican Str oke Association . 2011. Understanding Chilhood Obesity.

Anggraini, S. 2008. ‘Faktor Resiko Obesitas Pada Anak Taman Kanak- Kanak Di Kota Bogor’. Skripsi. Institut Pertanian Bogor (Tidak Dipublikasikan)

Aprilia, A. Bondika. 2011. ‘Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Makanan Pada Anak Sekolah Dasar’. Skipsi, Universitas Diponegoro (Tidak Dipublikasikan)

Azwar, S.2010. Sikap Manusia, Teori dan Pengukuranya. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Budiyati. 2011. ‘Analisis Faktor Penyebab Obesitas Pada Anak Usia Sekolah di SD Islam Al Azhar 14 Semarang’, Skripsi, Universitas Indonesia (Tidak Dipublikasikan)

Dhayanaputri, I. S., Hartini, T. N. S., & Kristina, S. A. 2011. ‘Persepsi ibu, guru dan tenaga kesehatan tentang obesitas pada anak taman kanak-kanak’. Berita Kedokteran Masyarakat, vol 27, No.1, hal.32–40.

Emirza, P. 2012. ‘Hubungan Asupan Makanan dan Faktor Lainya Terhadap Kejadian Kelebihan Berat badan’, Skripsi, Universitas Indonesia (Tidak Dipublikasikan)

Fishbein & Ajzen. 2010. Predicting and changing Behavior. The reasoned Action Approach, New York: Psychology Press.

Irfan, dkk. 2013. ‘Pola Konsumsi Sayur, Buah dan Aktivitas Sedentari Mahasiswa Obesitas’, Skripsi, Universitas Hasanuddin (Tidak dipublikasikan)

Ismail, V.Y dan Zain, E. 2008. ‘Peranan Sikap, Norma Subyektif dan Perceived Bahavior Control terhadap Intensi Pelajar SLTA untuk Memilih Fakultas Ekonomi’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol 5, No 3 hal 237-257

Javadi, M., Kadkhodaee, M., Yaghoubi, M., Marofi, M., dan Sham. 2013. Appliying Theory of planned Behavior In Predicting of patient Safety Behaviors of Nurses. Mater Sociomed.

Karomah, A. 2013. ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Status Gizi Lebih Pada Anak Pra Sekolah di TK Salman ITB Ciputat’, Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah(Tidak Dipublikasikan)

Kementerian kesehatan Republik Indonesia. 2012. Pedoman Pencegahan dan penanggulangan kege- mukan dan Obesitas. Jakarta: Direktorat jenderal bina gizi dan kesehatan ibu dan anak.

Mirayanti, N. K. 2012. Hubungan Pola Asuh Pemenuhan Nutrisi dalam Keluarga dengan Status Gizi Balita di Kelurahan Pasir Gunung Selatan Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Retrieved from http:// perpusnwu.web.id/karyailmiah/documents/3558.pdf

Kusumadewi. 2012. Hubungan Dukungan Sosial Peer Group dan Kontrol Diri dengan Kepatuhan terhadap Peraturan pada Remaja Putri. Retrieved fr om http://can drajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id/ index.php/candrawijaya/article/view/25/15

Musralianti, F dkk. 2016. Hubungan Antara Aktivitas Fisik dan Pola Makan dengan Kejadian Obesitas Pada Siswa SMP Kristen Eben Haizar I Manado. Skripsi Universitas Sam Ratulangi (Tidak Dipublika- sikan)

Sartika, R. A. D. 2011. ‘Faktor Risiko Obesitas pada Anak 5-15 Tahun di Indonesia’, Makanan Kesehatan, Vol.15, No.1, hal 37–43.

Sharifirad, G., Mostafavi, F., Reisi, M., Mahaki, B, Javadzade, Heydarabadi dan Esfahani, M. 2015. Predictors of Nurses Intention and Behavior in Using Health Literacy Strategies in patient Education Based on the Theory of Planned Behavior. Mater Sociomed.

Vertikal, L. 2012. ‘Aktivitas Fisik, Asupan Energi, Asupan Lemak Hubunganya dengan Gizi Lebih pada Siswa SD Pondok Cina I’, Tesis, Universitas Indonesia (Tidak dipublikasikan).

Downloads

Published

05-07-2018

How to Cite

Nurbadriyah, W. D. (2018). Perilaku Orang Tua dalam Pencegahan Obesitas Anak Pra Sekolah Berbasis Theory of Planned Behaviour (TPB). Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 5(1), 008–014. https://doi.org/10.26699/jnk.v5i1.ART.p008-014

Issue

Section

Article