Pengaruh Family Psikoedukasi terhadap Peningkatan Self Care dalam Merawat Anak Thalasemia

Authors

  • Ana Farida Ulfa Universitas Pesantren Tinggi Draul Ulum Jombang
  • Masruroh Hasyim Universitas Pesantren Tinggi Draul Ulum Jombang

DOI:

https://doi.org/10.26699/jnk.v5i1.ART.p053-057

Keywords:

Intervensi Keluarga Psiko-Pendidikan, Perawatan Diri Keluarga

Abstract

Thalasemia adalah penyakit kronis yang mengarah pada beberapa masalah, yang melibatkan aspek biologis, psikologis, sosial dan spiritual. Pengasuh memainkan peran penting untuk mengadvokasi keluarga. Sementara itu, keluarga bertindak sebagai pengambil keputusan untuk menjaga kesehatan anggota keluarga. Selain itu, mereka harus mempertahankan anggota mereka, dalam hal perawatan diri. Selanjutnya mengenai peran keluarga dalam menjaga kesehatan para anggota. Penelitian ini menggunakan desain pre- eksperimental dan desain one group pretest-posttest. Populasinya adalah keluarga dengan anak thalas- semic di RSUD Daerah Jombang. Jumlah total sampling adalah 14 keluarga. Intervensi keluarga psiko- pendidikan diberikan dalam lima sesi. Sesi pertama adalah pertemuan dengan keluarga yang anaknya menderita thalassemia. Sementara itu, sesi keempat dan kelima digunakan untuk mengunjungi keluarga. Selanjutnya, intervensi diberikan dalam satu atau dua minggu setelah kunjungan. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan perawatan diri keluarga yang diukur oleh keluarga APGAR. Oleh karena itu, dapat direkomendasikan bahwa intervensi keluarga Psiko-pendidikan adalah salah satu intervensi yang digunakan untuk mencari anak-anak dengan thalasemia kronis.

Author Biography

Ana Farida Ulfa, Universitas Pesantren Tinggi Draul Ulum Jombang

Fakultas Ilmu Kesehatan, UNIPDU Jombang

References

Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Kluge,C.R., Michael,K., dan Werner, K., 2013. Frequency and Relevance of Psychoeducation in Psychiatric Diagnoses: Result of Two Survey Five Years Apart in German-Speakig European Countris. BMC Psychiatri 13 (170).

Marilyn M. Friedman., Bowden, V.R., dan Jones. 2010. Buku Ajar Keperawatan Keluarga Riset Teori dan Praktik. EGC. Jakarta.

Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Kepera- watan Pendekatan Praktis. Salemba Medika. Jakarta.

Orem, D.E. 2001. Nursing Concept of Practiced. St. Louis: the CV Mosby Company.

Rahmawati, D. 2012. Pengaruh Psikoedukasi Terhadap Kecemasan Dan Koping Orang Tua Dalam Merawat Anak Dengan Talasemia Mayor Di RSU Kabupaten

Tangerang Banten. Tesis. Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia. Jakarta.

Rani, S., Rajagopal, N., dan Ankur, B. 2013. Effectiveness of Group Pychoeducation on Well-Being and Depression Among Breast Cancer Survivors of Malaka- Malasya. Indian Journal of Palliative Care Jan – April Vol 19.

Sharif,F,. Maryam, S., and Arash, M. 2013. Effect of Psych o-Education al In ter vention For Family Member on Caregiver Burdens and Psychiatric Symptom in Patien With Schizophrenia in Shiraz Iran. BMC Psychiatry 12:48.

Struart, G.W., dan Laraia, M.T. 2005. The Principle And Practice of Psychiatric Nursing. Edisi 8. Elsevier Mosby, st Louis. Missouri.

Supratiknya, A. 2011. Merancang Program dan Modul Psikoedukasi. Universitas Sanata Darma. Yogya- karta.

Supriyanto,S., Djohan, A. 2011. Metodologi Riset Bisnis Dan Kesehatan. PT Grafika Wangi Kalimantan. Kalimantan.

Tommey, A.M,. dan Alligood, M.R. 2006. Nursing Theory and Their Work. Missouri. Mosby.

Wong, D. L., Marilyn, H.E., David, W., Marilyn, L W., dan Patricia, S. 2009. Buku Ajar Keperawaan Pediatrik. Volume 1. EGC. Jakarta

Downloads

Additional Files

Published

01-04-2018

How to Cite

Ulfa, A. F., & Hasyim, M. (2018). Pengaruh Family Psikoedukasi terhadap Peningkatan Self Care dalam Merawat Anak Thalasemia. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 5(1), 053–057. https://doi.org/10.26699/jnk.v5i1.ART.p053-057

Issue

Section

Article