Hubungan Usia Pasien Muslim dengan Harapan mendapatkan Bimbingan Spiritual Islam

Authors

  • Yeni Kartika Sari STIKes Patria Husada Blitar
  • Husyam Arsyad Praktisi Keperawatan

DOI:

https://doi.org/10.26699/jnk.v3i2.ART.p164-169

Keywords:

Usia, Bimbingan Spiritual

Abstract

Perawat mempunyai kesempatan paling besar untuk memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif termasuk kebutuhan spiritual. Kenyataannya perawat kurang memperhatikan aspek spiri- tual pasien. Tujuan penelirtian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara usia pasien muslim dengan harapan mendapatkan bimbingan spiritual islam. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sec- tional dengan populasi pasien yang dirawat di instakasi rawat inap RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik accidental sampling sampai diperoleh 35 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan wilcoxon sign rank test dengan tingkat signifikansi alpha<0,005. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara usia pasien muslim dengan harapan mendapatkan bimbingan spiritual Islam di Instalasi Rawat Inap RSUD Ngudi Waluyo Wlingi dengan nilai Rho 0,4 dan jumlah responden yang mengharapkan bimbingan spiritual sebanyak 82% , sehingga disarankan sebaiknya walaupun RSUD Ngudi Waluyo Wlingi merupakan rumah sakit pemerintah, namun perlu dikembangkan bimbingan rohani Islam.

References

Al-Quran dan Terjemahnya. 2005. Jakarta: J-ART

Arifin, H.M. 1982. Pedoman Pelaksanaan Bimbingan Dan Penyuluhan Agama. Jakarta: Golden Tayaran Press.

Budianto M. 2009. Pengaruh terapi religious doa kesembuhan terhadap penurunan tingkat kecemasan pasien pre operasi di ruang rawat inap RS Mardi Rahayu Kudus.Universitas Diponegoro, Skripsi.

Bukhori, B. 2005. Upaya Optimalisasi Sistem Pelayanan Kerohanian bagi Pasien RawatInap, Semarang: Walisongo.

Ibrahim Rahmat, Risanto, S., dan Ike Surem. 2002. Keefektifan Pemberian bimbingan spiritual Is- lam pada klien terminal terhadap kecemasan dan motivasi hidup di RSU PKU Muhadiyah Yogyakarta, Skripsi.

Kusnanto. 2004. Pengantar Profesi dan Praktek Keperawatan Profesional. Jakarta: EGC.

Luluk Masluchah dan Djoko Sutrisno. 2010. Pengaruh bimbingan Doa dan Dzikir terhadapkecemasan pasien pre operasi. Skripsi.

Sholeh, M. 2009. Terapi Salat Tahajjud: Menyembuhkan berbagai Penyakit. Cetakan XXI. November 2009. Bandung: Mizan media Utama.

Tanjung, N., dan Salbiah. 2011. Harapan pasien dalam kepuasan perilaku caring perawat di RSUD Deli Serdang Lubuh Pakau. Skripsi.

Downloads

Published

01-08-2016

How to Cite

Sari, Y. K., & Arsyad, H. (2016). Hubungan Usia Pasien Muslim dengan Harapan mendapatkan Bimbingan Spiritual Islam. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 3(2), 164–169. https://doi.org/10.26699/jnk.v3i2.ART.p164-169

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>