Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Santri di Pondok Pesantren Mambaus Syafaatil Quran

Authors

  • Rizka Ihromatuz Zuhriya Praktisi Keperawatan

DOI:

https://doi.org/10.26699/jnk.v2i3.ART.p242-247

Keywords:

Perilaku, PHBS, Santri

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat adalah upaya menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok, dan masyarakat sebagai suatu upaya menerapkan cara-cara hidup sehat dalam rangka menjaga, memelihara, dan meningkatkan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku hidup bersih dan sehat santri di pondok pesantren. Metode : Desain penelitian menggunakan rancangan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh santri yang ada di Pondok Pesantren Mambaus Syafaatil Quran Kota Blitar sebanyak 80 santri. Jumlah sampel yang sebanyak 80 dengan menggunakan teknik total populasi, serta menggunakan instrument berupa kuesioner yang dibuat oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat santri sebesar 31,25% dalam kategori baik, 42,5% cukup, dan 26,25% kurang. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) santri yang sudah baik yaitu, selalu mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air besar serta tidak ada santri yang pernah menggunakan narkoba, sementara PHBS santri yang kurang yakni tindakan menghindari penularan penyakit. Diharapkan pengasuh pondok pesantren rutin mengontrol kebersihan dan kesehatan santri untuk mengurangi risiko penularan penyakit.

References

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. 2001. Buku Pedoman Pelaksanaan PHBS bagi Pengelola Program di Wilayah Kabupaten/Kota. Surabaya: Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur.

Ikhwanudin, A. Perilaku Kesehatan Santri: (Studi Deskriptif Perilaku Pemeliharaan Kesehatan, Pencarian dan Penggunaan Sistem Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan Lingkungan Di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah, Surabaya). Jurnal Sosial dan Politik: 3-4.

Krishna. 2015. Mengenali Keluhan Anda: Informasi Kesehatan Umum untuk Pasien, Edisi 2. Jakarta: Informasi Medika.

Notoatmodjo, S. 2005. Kesehatan Masyarakan: Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Downloads

Published

01-08-2015

How to Cite

Zuhriya, R. I. (2015). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Santri di Pondok Pesantren Mambaus Syafaatil Quran. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 2(3), 242–247. https://doi.org/10.26699/jnk.v2i3.ART.p242-247

Issue

Section

Article